photo berita hoax_zpsfjqxqhwz.jpg


Farmasi Go To School With SMK Semesta Bumiayu : Penyuluhan Kesehatan Pada Generasi Muda


FARMASI GO TO SCHOOL (FGS)

With SMK Semesta Bumiayu


Farmasi go to school merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Peradaban. Farmasi go to school atau FGS ini meliputi serangkaian kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh HMJ Farmasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat terutama pelajar baik tingkat TK, SD, SMP, maupun SMA. Dalam satu periode, HMJ Farmasi melaksanakan kegiatan FGS 2 kali, sesuai dengan kesepakatan bersama pada saat awal rapat kerja dilaksanakan.

Pada tanggal 22 september 2020, HMJ Farmasi berkesempatan melaksanakan kegiatan FGS bersama SMK Semesta Bumiayu. Pesertanya terdiri dari siswa siswi kelas 12 jurusan Farmasi dan juga seluruh anggota Osis Smk Semesta Bumiayu. Antusiasme mereka begitu luar biasa, sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat banyak apresiasi. Pandemi yang masih belum berakhir mengakibatkan banyak kendala terutama untuk berkumpul dan melaksanakan penyuluhan secara tatap muka, sehingga dengan segala teknologi dan media yang ada, penyuluhan kesehatan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Noni Anggela, adalah ketua panitia pelaksaaan Farmasi Go To School With Smk Semesta Bumiayu yang merupakan pengurus HMJ Farmasi dari semester 5 yang menjabat sebagai staff Departemen Pengabdian Kepada Masyarakat. Tema yang diambil pada FGS kali ini adalah Penyuluhan Kesehatan Pada Generasi Muda. Materi yang disampaikan lebih mengarah ke kesehatan mental yang dimana kerap kali dialami oleh para remaja saat ini. Maka dari itulah tema ini diambil sekaligus mengingatkan betapa pentingnya kesehatan mental pada remaja terutama pada saat pandemi seperti ini.

Pemateri yang menyampaikan penyuluhan yaitu Azkiya Rizka Yasvie, pengurus HMJ Farmasi semester 3 yang menjabat sebagai koordinator Departemen IKHL (Informasi Komunikasi dan Hubungan Luar) dan juga Vitta Devi Sri Khubaesoh, pengurus HMJ Farmasi semester 5 yang menjabat sebagai koordinator Departemen Sumber Daya Mahasiswa.

Walaupun acara Farmasi Go To School dilaksanakan secara daring, hal ini tidak sama sekali menyurutkan semangat para peserta dan juga panitia. Serangkaian acara berjalan dengan lancar hanya saja terdapat sedikit kendala pada sinyal. Terlepas dari itu semuanya terkendali dan mendapatkan apresiasi dari para peserta. Semoga penyuluhan kesehatan yang diadakan oleh HMJ Farmasi Universitas Peradaban memberikan banyak manfaat bagi siswa siswi SMK Semesta Bumiayu, dan ilmu yang dibagikan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.


(Elyn Dwi Agustin)

No comments

Powered by Blogger.