photo berita hoax_zpsfjqxqhwz.jpg


MAHASISWA SUMPAH DAN PERAN

Sumpah Mahasiswa mungkin tidak asing lagi bagi mahasiswa. Sumpah yang pertama kali dibacakan pada tahun 1998 saat menurunkan rezim Orde Baru (OB).  Dan sampai saat ini, sumpah mahasiswa masih terdengar pada saat mahasiswa baru memasuki kampus. Selain janji mahasiswa yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, sumpah mahasiswa ini juga harus dibaca dan dipahami oleh mahasiswa.
Bunyi Sumpah Mahasiswa adalah sebagai berikut:

KAMI MAHASISWA INDONESIA BERSUMPAH
BERTANAH AIR SATU TANAH AIR TANPA PENINDASAN

KAMI MAHASISWA INDONESIA BERSUMPAH
BERBANGSA SATU BANGSA YANG GANDRUNG AKAN KEADILAN

KAMI MAHASISWA INDONESIA BERSUMPAH
BERBAHASA SATU BAHASA TANPA KEBOHONGAN



Siapakah mahasiswa? Apakah itu mahasiswa? Mengapa harus mahasiswa?

Dalam pengertian yang sederhana, yang dikatakan mahasiswa adalah seseorang yang telah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) dan melanjutkan pendidikan serta telah terdaftar secara administratif di perguruan tinggi, universitas, akademik maupun institut. Sedangkan pengertian mahasiswa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mahasiswa ialah pelajar perguruan tinggi.


Secara suku kata, mahasiswa berasal dan terbentuk dari dua suku kata, maha dan siswa. Kata maha yang berarti di atas atau yang paling tinggi, sedangkan siswa artinya anggota masyarakat yang sedang disiapkan untuk menjadi anggota masyarakat yang lebih baik. Jadi mahasiswa adalah anggota masyarakat yang telah disiapkan dan sedang menempuh jenjang pendidikan tinggi untuk menjadi anggota masyarakat yang lebih baik atau lebih terpelajar dan berintelektual.

Menjabat/ menyandang status sebagai mahasiswa merupakan sebuah kebanggan sekaligus tantangan, karena tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa sungguh sangat besar. Seorang mahasiswa diharapkan mampu memahami suatu konsep, dapat memetakan permasalahan dan memilih solusi terbaik untuk permasalahan yang ada di masyarakat sesuai pemahaman mendalam konsep yang telah dipelajari. Sehingga mahasiswa dikenal sebagai penyambung lidah dan sekaligus tulang punggung rakyat. Inilah pemahaman yang sesungguhnya mengenai pengertian mahasiswa.

Peran dan Fungsi Mahasiswa

Setidakanya mahasiswa memiliki 3 garis besar peran dan fungsi yakni peran intelektual, peran sosial dan peran moral.

1.      Peranan Intelektual
Mahasiswa merupakan manusia yang memiliki intelektual, sehingga mahasiswa harus mewujudkan status intelektual tersebut dalam kehidupan nyata. Dengan kesadaran itu mahasiswa harus menyadari betul fungsi dasar mahasiswa, yaitu bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik pada kehidupan di masyarakat dengan intelektual yang dimiliki. Dengan melahirkan solusi-solusi yang alternatif dan bermanfaat dalam menangani permasalahan di masyarakat untuk memajukan bangsa.

2.      Peranan Sosial
Sebagai orang yang memiliki intelektual dan pendidikan, mahasiswa harus memiliki jiwa-jiwa sosial yang dalam atau solidaritas sosial. Sehingga mahasiswa bukan hanya bertanggung jawab hanya pada individu tetapi juga keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat tersebut bagi lingkungan sekitarnya.

3.      Peranan Moral
Mahasiswa dipandang masyarakat lebih istimewa dari pada masyarakat lainnya, karena mahasiswa memiliki intelektual dan pendidikan yang tinggi. Mahasiswa dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat. Oleh karena itu, mengenai moral dan budi pekerti demi memajukan bangsa ini perlu ditanamkan kesadaran penuh dan pengetahuan mendalam kepada mahasiswa.

Selain memiliki peranan intelektual, sosial dan moral dikarenakan mahasiswa telah diembankan dan memiliki rasa tanggung jawab, sehingga mahasiswa memiliki beberapa peran yang melekat dan disandang, seperti:

Agent Of Change
Mahasiswa merupakan agent perubahan. Sumber Daya Manusia yang mahasiswa miliki mampu melakukan perubahan sekecil apapun. Maksudnya jika ada sesuatu kesalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar, mahasiswa dituntut untuk mampu merubah sesuai dengan harapan dan kebenaran yang sesungguhnya.

Iron Stock
Mahasiswa merupakan generasi yang akan menggantikan orang-orang yang memimpin dan menjadi penerus untuk memimpin bangsa ini nantinya.

Moral Force
Mahasiswa adalah kumpulan orang-orang yang memiliki moral yang baik. Maksudnya yaitu mahasiswa diharapkan serta diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang sudah ada. Jika di lingkungan masyarakat terjadi hal-hal yang tak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk mampu merubah serta meluruskan kembali sesuai dengan harapan dan kebenaran.

Social Control
Mahasiswa adalah pengontrol kehidupan sosial/masyarakat. Mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Jadi sebagai mahasiswa, harus pintar dalam bersosialisasi dengan lingkungan  dan bukan hanya pintar di bidang pendidikan atau akademis saja.

Direct Of Change

Mahasiswa melakukan perubahan langsung karena Sumber Daya Manusianya yang banyak. Namun, setelah melakukan perubahan mahasiswa juga harus  menjaga kestabilan perubahan tersebut maka mahasiswa tidak lantas melepas perubahan yang telah terjadi. Mahasiswa harus mampu mengarahkan perubahan yang didapat menuju implementasi dari rencana yang telah dipetakan sebelumnya.


MARS MAHASISWA MP3 TOTALITAS PERJUANGAN

No comments

Powered by Blogger.